Jam Digital Dengan Seven Segment Berbasis ATMega8

Dulu sewaktu masih SMK saya melihat di Internet ada sebuah rangkaian yang memerlukan sebuah bateray Lithium yang bulet, dan saya ngak ngeh sama sekali apa fungsi rangkaian dan batray tersebut. Dan waktu kuliah baru- baru ini  saya iseng  bertanya kepada teman sebangku saya yang kebetulan jurusan TKJ pas SMK sebut saja namanya Yoga, “Ga apa fungsi batray lithium ?”. Dia menjawab “owh fungsinya tu ketika mengatur waktu di computer,  waktu yang diatur tadi  tetap jalan biarpun computer dimatikan kaaaawwaaaannn “. Mendengar jawaban teman saya, saya langsung mencari di Internet apakah benar ada hubungan antara  batray lithium dan waktu.  Di sebuah artikel saya baru menyadari rangkaian yang saya pernah lihat di waktu saya masih SMK  adalah rangkaian RTC (Real Time Clock).
Fungsi  rangkaian ini agar kita dapat memperoleh detik, menit, jam, tanggal, bulan bahkan tahun yang sesuai dengan kenyataan. Ada beberapa type IC yang digunakan dalam rangkaian ini tapi saya menggunakan IC type DS1307 dan fungsi batray lithium tersebut untuk backup tegangan IC tersebut ketika mati listrik atau rangkaian tersebut dimatikan. Setelah mengetahui datasheet IC tersebut saya langsung mencoba untuk membuat jam digital. Pertama kali saya membuat simulasi jam digital ini dengan proteus. Meskipun saya baru mempelajari bahasa pemerograman dan sedikit bekal ilmu elektronika  pas SMK  bukan masalah untuk melanjutkan project ini, selama ada GOOGLE pasti akan  ada yang membimbingmu “sepeti kata Dosen”. Singkat curhat dari saya berikut gambar jam digital dengan seven segmen dan RTC yang saya buat besama gambar Skematiknya.




Secara kasat mata di gambar jam digital yang saya buat terdapat 3 buah IC yaitu IC ATMega8 sebagai mikrokontrollernya, IC DS1307 yang berfungsi untuk mendapatkan data jam, menit dan detiknya, serta yang terakir yaitu IC 7447 yang berfungsi sebagai driver 6 Seven Segment yang terdapat jam ini. Tidak lupa juga saya menambahkan 3 switch yang berfungsi untuk menyetting waktunya dan satu tombol reset. Kalo penasaran berikut video percobaan jam digitalnya ini 


 Nah sekian dulu ya tulisan  tentang jam digital ini soalnya saya sudah kehabisan kata kata untuk ditulis lagi hehehe. Untuk kalian yang mau bikin juga project jam digital ini bisa download full projectnya disini. Atau jika kamu gak mau ribet bisa juga memesannya di blog ini hehehe. Sekian dan terima kasih

Komentar

Posting Komentar