Membuat Sistem Minimum ATMega8/328

Baik kali ini saya akan memposting tentang sebuah project yaitu sistem minimum. Ya mungkin diantara pembaca sekalian sudah tidak asing lagi mendengar istilah ini. Waktu dulu saya dan teman – teman saya belajar mikrokontroller bareng – bareng menggunakan sistem minimum ini. Kita belajar mikrokontroller dari yang paling dasar, pertama membuat sebuah Flow chart (pertama memang bingung) kemudian setelah bisa - bisa dikit buat Flow chart, lanjut menghidupkan LED, pas di tahapan ini saya sudah seneng banget karena sudah bermain dengan program walaupun programnya masih sederhana ( curhat dikit :v ). Sistem minimum ini sangat efisien untuk proses belajar ataupun kalau kamu mau langsung gunakan pada project yang kamu buat juga bisa, tinggal sambung – sambung saja sesuai kebutuhannya. IC yang saya gunakan pada sistem minimum ini adalah ATMega8, tetapi kamu juga bisa mengganti IC ini dengan ATMega328 karena urutan pin keduanya sama, cuma yang membedakan hanyalah kapasitas memory dari ATMega328 yang lebih banyak. Nah berikut system minimum buatan tangan saya.

                                                     
Gimana cukup bagus bukan hehehe, sekarang saya akan membagikan skema  Sistem minimumnya seperti berikut.
 

Jika kalian penasaran dan mau ikut juga buat system minimum yang seperti ini, tenang aja karena saya membagikan layoutnya tinggal diprint saka klik disini. Berikut video testing bagaimana menggunakan system minimum ini, semoga bisa membantu dan terima kasih. 


 

Komentar

  1. boleh minta daftar komponennya?

    BalasHapus
  2. boleh saya minta layout pcb dan daftar komponennya?
    saya ingin belajar sismin atmega 8
    tolong kirimkan ke ahmad.sultan.badrul@gmail.com

    BalasHapus
  3. boleh saya minta layout pcb dan daftar komponennya?
    saya ingin belajar sismin atmega 8
    tolong kirimkan ke ahmad.sultan.badrul@gmail.com

    BalasHapus
  4. bagaimana caranya jika ingin digunakan di arduino ide?

    terimakasih

    BalasHapus
  5. Mas, kalau boleh minta donk file eagle boardnya dan daftar komponennya diemailkan ke erwisko@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar