Membuat Seven Segment Besar dengan Arduino


Yap kembali lagi di blog ini, kali ini saya membuat project seven segment yang sukup gede segede gambreng, ya kalian pasti sering sekali melihat seven segment secara tidak langsung seperti yang ada di jam tangan. Bentuknya seperti angka dan bisa menyala sesuai dengan abentuk angka yang ingin ditampilkan. Jika kita telusuri lebih mendetail secara terperinci seven segment ini terdiri dari 7 bagian dan disetiap bagian segmennya terdiri dari led yang terhubung makanya dinamakan seven segment dalam bahasa inggrisnya gitu kali ya kata guru saya sewaktu SMK. Ada dua jenis seven segment yang ada di pasaran pada umumnya yaitu common anoda dan common cathoda seperti gambar berikut ini.


Nah bisa dilihatkan perbedaanya dari gambar diatas untuk jenis seven segment yang common anoda dan common cathoda?. Dan dari hasil riset yang saya lakukan untuk membuat seven segment yang berukuran besar saya membuat setiap bagian segment dengan susunan led yang berjumlah 22 biji, jadi jika ditotal satu seven segment membutuhkan 154 led dan 308 titik solderan bisa dibayangkan bertapa puyengnya mata kita menyolder segitu banyaknya untuk 1 buah seven segment saja. 

Dalam menyusun susunan led dan nilai resistor yang saya gunakan, saya mendapatkan saran dari senior saya untuk menggunakan LED calculator pada web ini. Pada perhitungan saya saya menggunakan tegangan kerja 12V dan jumlah led yang saya gunakan 22 biji maka mendapatkan hasil seperti pada gambar diatas, sedangkan untuk rangkaian drivernya saya menggunakan IC 74HC595 + IC ULN2003 type SMD untuk mempermudah dalam membuat program karena menghemat pin mikrokontroller dan menghasilkan nyala seven segment yang mantap.


Nah untuk kalian yang mau bikin juga seven segment berukuran besar ini kalian bisa mengikuti rangkaian yang saya share di atas dan kalian bisa kembangkan lagi untuk keperluan yang lebih lagi. Dan jika ingin membuat dengan jumlah seven segment yang banyak kalaian bisa mengikuti konfigurasi wiring pada skematik berikut dan bisa diperbanyak lagi dengan wiring yang serupa


Pada design di proteus saya membuat konfigurasi 4 buah seven segment dimana setiap driver saling terhubung dengan driver lain dan ada catatan penting pada pin DS IC 74HC595 saling terhubungdengan pin yang berbeda antar driver dan hasil realnya seperti video berikut ini. Untuk source kode membuat counter UP 4 buah seven segment kalian bisa download disini, atau pada keterangan yang ada pada video demo ini




Komentar

Posting Komentar